Passion, sebuah potensi dalam diri atau suatu hal yang harus digali?

Pasti pernah kan denger cerita orang yang bingung mau kuliah dimana karena alasan "nggak tau passionnya apa" ? pasti pernah dong. Atau jangan-jangan malah kamu sendiri pernah ngalamin hal kaya gini ? Toss dulu kalo gitu, KITA SAMA !
Mmmmm, based on my true story sih ini aku banget.Karena sebenernya  aku ini dulu dibilang minat di akademik, tapi nggak terlalu suka belajar, dibilang minat ke bidang olahraga, tiap lomba lari aja selalu yang paling terakhir nyampek finish, dibilang minat ke seni, mmmm penikmat seni sih tapi nyanyi fals nari kaku main musik nggak bisa.
Menentukan jurusan kuliah aja baru kelas 3 karena ada form jurusan kuliah dari BK yang harus diisi. Alhamdulillah-nya, sejak saat itu aku ngerti apa yang mau kutulis di form dan apa yang mau aku lakukan di masa depanku. Dan aku juga tau apa penyakit terbesarku yang bikin aku selama itu buat nentuin passionku apa. Yups karena aku nggak yakin sama diriku dan selalu bertanya dulu "bisa apa nggak" , tanpa berusaha terlebih dulu.
Terus hasilnya sekarang udah nemu passionnya apa? belum sih, tapi aku masih terus berusaha nyari sembari melakukan sesuatu. I try anything that make me to be curious on. Dan aku sering ngrasa kagum ke temen-temen yang cerita kalo mereka udh belajar nari,nyanyi,main masuk dari kecil karena awalnya diperkenalkan orang tua mereka.Sempet terbesit, "kenapa sih ibuku nggak ngajarin aku renang,nyanyi,nari,dll. kalo belajar dari kecil kan sekarang aku pasti udah jago" sampe aku tau bahwa ternyata emang kondisi perekonomian keluargaku pas aku kecil nggak sebaik sekarang. My parents have to work to prepare my future education. Alhamdulillah, makasih pak buk :)
Tapi, berkat temen-temenku itu, hikmahnya adalah ternyata passion itu bukan hanya tentang darah daging yang berupa karunia saja, passion bisa digali sekalipun bapak ibu kakek nenek buyutmu nggak ada bakat sama sekali. , seperti kata lagu "cinta itu karena terbiasa" eeaaaaa :D (sorry random).
Orang-orang yang keras kepala terhadap keyakinannya, pada akhirnya ialah pemenangnya. Karena terbiasa melakukan hal yang mereka sebut passion tersebutlah yang menjadikannya mereka pro dan expert dibidang tersebut. 
Sebagai gambaran, orang yang tiap hari latihan nari, pasti lebih keliatan luwes dan jago bikin koreografi daripada orang yang jarang atau bahkan gak pernah nari.
Nah buat yang masih bingung passionnya apa , Yuk bareng-bareng !! go find something that make your heart beat faster. Gak usah kelamaan mikir passionmu apa dimana dan sama siapa. Cobain aja satu-satu nanti pasti ketemu mana yang manis sama mana yang asin. BTW sejauh ini menulis di blog atau ngobrol sama diri sendiri emang belum bikin jantungku berdebar kencang sih. Tapi setidaknya tiap nglakuin hal ini, hatiku menjadi lebih tenang.
Trus menurut kalian, passion itu potensi yang udah ada dalam diri, apa suatu hal yang harus digali ?
 .
Sapa aku di Instagram ya : @vivy_maharani

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjuangan Masuk Kampus STIS-UNPAD-PENS

TAHAP-TAHAP USM STIS

Ngambis, salah gak sih ?