Ngambis, salah gak sih ?

Untuk Perhatian : Tulisan ini berisi pendapat akan pandangan pribadi. So, kalo gak sesuai sama pendapat kalian, diwajarin dan dimaklumin aja yaaa. Hehe
Well buat pembuka tulisan kali ini, aku mau sedikit cerita dulu nih. Jadi, seumur hidup mengenyam pendidikan dari TK sampe sekarang, aku emang ngerasa kalo kuliahku ini yang paling ketat tingkat kompetisinya. Ya wajar aja, gak bisa dipungkiri kalo anak2 disini pada dasarnya emang rajin dan punya ketahanan belajar yang luar biasa. Awal-awal dulu sih kebawa banget sama vibe yang kaya gini. Tapi lama-kelamaan gak jarang juga sering nelfonin orang tua karena 'sedikit tertekan' berada di lingkungan yang kondisinya lumayan berbeda sama lingkunganku yang dulu
(maaf kalo kesannya jadi kurang bersyukur)
Pernah denger gak katanya "Lebih baik menjadi ikan kecil diantara ikan besar di kolam yang besar, daripada ikan kecil di kolam yang kecil" ? Ternyata guys, menurutku pepatah seperti itu bisa bermakna ganda. Kalo kalian bisa survive dan mempelajari pola hidup dari ikan yang udah besar, kalian akan tumbuh menjadi ikan yang besar pula. Tapi kalo sebaliknya, bisa jadi kalian malah kurang makan karena rebutan sama ikan besar, atau bahkan bisa kemakan sama ikan yang besar. Got the point ?
Trus apa hubungannya cerita diatas sama ngambis ? wkwk, entah ini nyambung apa enggak, tapi menurutku wajar aja sih ngambis buat menghargai sebuah perjuangan. Haa ?? Kenapa tetiba perjuangan ?? Perjuangan apaan ?? hehe gini-gini, jadi di kampusku itu ada sistem DO dengan berbagai ketentuannya. Nah biar gak kena sistem itu, makanya belajarnya kudu konstan biar bener-bener dapet ilmunya. Well you know guys kalo buat masuk disini tes-nya gak cuma setahap dua tahap. So udah tau kan maksud "menghargai perjuangan".

Sayangnya kata-kata ngambis/ambis itu kadang malah jadi "judgemental word", dan jadinya bermakna negatif. Yaa walaupun sebenarnya kadang aku masih menjadi satu diantara mereka yang nge-judge sih(dan sekarang sedang berusaha untuk tidak itu). Tapii, sebenernya juga, aku iri sama mereka yang bisa ngejadiin belajar menjadi sesuatu yang asyik. Secara garis besar aku terus terang "KAGUM" sama kaum seperti ini. Mereka ngerti kewajiban utama mereka dan bisa menggunakan sebaik mungkin kepercayaan yang dikasih orang tua mereka buat ngerantau. Apalagi kalo ternyata mereka gak cuma top dibidang akademik, organisasinya juga jalan, makin top markotop dweh.

Tapi... Semua itu kan tentang pilihan !
Iya, emang bener banget kok. Gak ada yang berhak buat nentuin pilihan kita seperti apa. Tapi setidaknya STOP buat ngejadiin Ambis buat jadi judgemental word adalah pilihan yang tepat kan ? 😉 . Apa salahnya sih seseorang berjuang keras untuk masa depannya :) . Kalo kadang tertekan sama keadaan yang kaya gini, yaa jgn terlalu ikut arusnya dulu, jangan dipaksain. Kalo udah siap, tancap deh gas-nya. Siapa tau bisa ketularan rajin kan :)
Wkwkw btw fyi, aku disini bukan tipikal orang rajin loh yaa, bahkan aku sering terbilang santai sama temen-temenku, aku nulis ini cuma pengen share pandanganku terhadap sifat rajin yang masih menjadi hal tabu di beberapa kalangan siswa/mahasiswa.
Oke, biar bacanya gak bosen, artikel kali ini cukup sampai disini yaa.
Buat Statement penutup, coba deh mulai sekarang ganti kalimat "Ambis banget deh" jadi "Mantabbbb nih, ntar aku nanya yaa"

See You ~
Follow me :
Instagram : @vivy_maharani

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjuangan Masuk Kampus STIS-UNPAD-PENS

TAHAP-TAHAP USM STIS