Alasan Kenapa PIlih Gap Year | TIPS DAN TRIK untuk para Gap Year | Masalah Gap Year dan Cara mengatasinya

Untukmu yang sedang berjuang
Semangat memang tak selalu hadir dalam benakmu
mungkin saja perasaan seperti pengecut datang begitu saja tanpa kamu menginginkannya
Pilihanya hanya ada dua
Terus melangkah atau menyerah dengan mudah
namun, ada hal yang harus kamu tau
Ulat tidak akan berubah menjadi kupu-kupu jika ia tak berpuasa
Kemenangan tak dapat diraih hanya dengan malas dan berandai-andai
Ada sebuah harga yang harus kamu bayar


Assalamualaikum temen-temen....

Seperti yang aku bilang di tulisanku sebelumnya, aku pengen ngisi blog-ku dengan lebih intensif. Tapi berhubung kemarin kuliahku sedang minggu-minggu UTS, jadi baru sempet up hari ini. Oke, dibahasan ini aku mau cerita part Gap year. Alasan pertama aku pilih Gap Year sih jelas ya guys, karena aku ga diterima universitas manapun. Hihi. (Sedih juga kalo dibayangin sampe saat ini). Alasan pertama ini ga cukup menarik buat dibahas. Nah yang alasan kedua ini baru bisa dibikin cerita, karena alasan kedua ini muncul gara-gara alasan pertama. hal yang semakin memantabkanku buat pilih gap year adalah aku baca cerita-cerita inspiratif dari mereka yang dulunya gap year dan sekarang udah dapet kuliah/sukses dengan pekerjaannya . Ditambah lagi banyak artikel yang ngomongin kalo di luar negeri itu kebanyakan siswanya gap dulu sebelum lanjut kuliah. mereka beranggapan kalo Mahasiswa yang dulunya gap itu lebih fresh karena mereka memberikan jeda setahun untuk otaknya beristirahat. Wih makin manteb nih kan aku buat nge-Gap, Akhirya aku bisa nemuin sisi positif dalam mindsetku tentang Gap. Oke Fix aku pilih Gap.

Tapi guys ternyata Gap Year itu sulit dijalanin. Ga Sesuai sama ekspektasi awal yang bakal strong kapanpun dimanapun.
seminggu dua minggu sih masih belum kerasa sensasi nganggurnya, mungkin karena baru selesai belajar UN, UAS, Tes Masuk Perguruan Tinggi, dan sejenisnya. Saat minggu-minggu masuk kuliah itu baru berat, karena saat itu temen-temen kalian bakal sibuk ngurusin OSPEK dan kuliahnya. sedangkan kita kaya diem ga sibuk apa2. belum lagi kalo ada yang upload foto pake jaster di socmed, beuh itu yang bikin nyesek.
~
Beberapa Masalah para siswa Gap Year dan Solusinya.
Perlu ditekankan bahwa ini berdasarkan pengalamanku ya guys.Bisa aja beda jawaban kalo kalian tanya ke beda orang karena ya pengalaman orang kan beda2. oke, lets get the ball rowling


1. Harus bisa ngepush diri buat belajar rutin
Kalo kalian ngiranya gap year itu selalu ambis, itu salah guys. Banyak banget faktor yang menggoda para Gap year buat ngomong "ah belajar ntar aja" atau ngga nonton film dulu, main dulu, makan dulu, tidur dulu dan akhirnya ga belajar. jadi bisa ditekanin disini aku ngomong tentang "Managemen waktu" . sebenernya masalah ini tu berkaitan dengan motivasi kalian. coba deh benerin niat dulu. baru deh susun managemen waktu sesuai dengan tipe kalian. kalo aku dulu sih ngewajibin aku buat belajar per minggu harus tuntas 3 materi. waktunya flexibel mau pagi siang malem, yang penting tiap hari kudu banget belajar. biar malesnya itu ga makin nancep di dengkul. jadi semisal udah jam 7 malem dan aku belum belajar, jadinya kaya ada tanggungan dan  buru-buru buat belajar.

2. Bosen dan kemudian stress

Ya yang masalah ini udah aku peperin di pengantar sih sebenarnya. kaya aku dulu mentalku langsung down ngeliat temen-temen yang udah pake jaster. dan hal ini berdampak pada terganggunya jam belajarku, sekalinya belajar wehhhh sulit banget fokusnya. solusinya yaa coba deh hiatus dulu main socmednya. atau setidaknya dikurangin biar ga kebanyakan baper(aku ga bilang kalian berenti main internet loh ya, karena internet menurutku udah primer banget, segala informasi sekarang diinfokan lewat internet) dan penting juga bergaul sama temen yang bernasib sama biar kalian tu ga merasa yang paling menyedihkan.

3. Bingung(lagi) menentukan pilihan mau kuliah dimana
Nah buat yang ini sebenernya bukan pengalamanku ya guys. karena dari awal aku udah punya target jadinya ya pilihanku tetep itu. Ada 1 pilihan yang berubah, cuma itu udah kurencanain di awal. masalah ini kutulis karena aku ngeliat lumayan banyak temen Gap-ku yang selalu hectic pas pendaftaran SBMPTN. bukan hectic daftarnya, tapi mereka hectic "duh pilih jurusan apa nih". jadi ya guys, kalian tu harus punya target, kalian belajar, kalian try out tu jadinya ga ngasal cuma syarat doang. tapi harus ada manfaat dengan cara ngeval hasil try out sudah sampek target atau belum.

4. Menghukum diri sendiri
ada titik dimana kalian tu belajarnya maksaaa banget, pliss ilangin cara yang ini. gabaik buat mental kalian. Jadiin belajar itu sebagai hal yang menyenangkan. kalo jenuh ya istirahat sebentar asal ga lupa sama target aja, boleh lah sebulan sekali kalian main ke pantai, gunung, atau kemanapun yang bisa bikin kalian fresh.

Karena udah cukup panjang, kayanya tulisanku kali ini cukup sampai disini aja. Oiya semangat buat para Gap ataupun fresh graduate karena minggu ini kalian udah mulai berjuang. semoga perjuangan kalian berbuah manis dan sesuai dengan apa yang kalian harapkan. Hal terpenting selain berjuang adalah berdoa. Penting banget buat kalian mengerti kalo doa itu salah satu kunci keberhasilan. Apalagi doa restu orang tua, jangan lupa banget deh pokoknya. Be confident and be the winner.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjuangan Masuk Kampus STIS-UNPAD-PENS

TAHAP-TAHAP USM STIS

Ngambis, salah gak sih ?